Search

Desa Wisata Bantaragung Majalengka Juara 2 ADWI 2023 Kategori Digital dan Konten Kreatif

  • Share this:
post-title

MAJALENGKA – Desa Wisata Bantaragung di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, berhasil meraih Juara 2 kategori Digital dan Konten Kreatif dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI)

"Prestasi ini adalah bukti nyata bahwa inovasi dan kreativitas dalam pengembangan desa wisata sangatlah penting. Desa Wisata Bantaragung telah memberikan teladan yang baik bagi desa-desa lainnya dalam mengoptimalkan potensi melalui platform digital," ungkap Bupati Majalengka, Karna Sobahi, Senin (28/8/2023).

Ia memandang, keberhasilan raihan prestasi Desa Wisata Bantaragung tidak lepas dari inovasi dan upaya keras dalam mengembangkan konten digital yang kreatif untuk mendukung sektor pariwisata.

Melalui pemanfaatan teknologi dan media sosial, menurutnya, desa wisata yang berada di Kecamatan Sindangwangi ini berhasil menarik perhatian wisatawan dengan konten-konten menarik yang mempromosikan keindahan alam, kebudayaan dan potensi wisata lainnya.

Bupati menilai, Desa Wisata Bantaragung sendiri telah menjadi contoh sukses bagaimana pemanfaatan teknologi dan konten kreatif dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan sektor pariwisata di daerah tersebut.

"Keberhasilan ini tentu diharapkan menjadi inspirasi bagi pengembangan desa-desa wisata lain yang ada di Kabupaten Majalengka. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Desa Wisata Bantaragung atas keberhasilannya meraih juara kedua dalam ADWI 2023 kategori Digital dan Konten Kreatif," ucap Bupati Karna Sobahi.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana, menurutnya, raihan prestasi dalam ajang ADWI 2023 ini berkat dukungan seluruh warga Majalengka yang telah memberikan vote mulai dari tanggal 21 sampai dengan 25 Agustus 2023 di akun youtube Kemenparekraf.

"Alhamdulillah dan terima kasih kepada semua pihak khususnya seluruh masyarakat Majalengka yang turut berpartisipasi memberikan dukungan terhadap perjuangan Desa Wisata Bantaragung," ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa raihan tersebut merupakan bukti dari buah kerja keras dan semangat gotong-royong masyarakat Majalengka dalam memberikan dukungan luar biasa.

Pesona Desa Wisata Bantaragung

Sekilas wabub menuturkan, bahwa Desa Bantaragung memiliki daya tarik yang luar biasa. Terletak di kaki Gunung Ciremai yang memukau, desa ini menawarkan pemandangan alam yang memesona, dengan segala potensi wisata lain yang dimilikinya.

Keindahan alam yang tak tertandingi ini menjadi magnet bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan kedamaian jauh dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan.

"Masyarakat Desa Bantaragung selalu berusaha untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan potensi wisata yang ada di desanya," kata dia.

Selain alam yang menakjubkan, lanjutnya, Desa Bantaragung juga mengutamakan pelestarian budaya dan kearifan lokal. Wisatawan yang datang tidak hanya dapat menikmati keindahan alam, tetapi juga berkesempatan untuk belajar tentang adat istiadat serta kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Dukungan Pemerintah Daerah

Dukungan yang kuat dari pemerintah daerah juga menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan Desa Bantaragung dalam meraih peringkat kedua sebagai Desa Wisata Terfavorit dalam ADWI 2023.

Pemkab Majalengka telah berperan aktif dalam pengembangan infrastruktur dan fasilitas pendukung pariwisata di desa ini. Jalan-jalan yang mulus dan akomodasi yang nyaman adalah bukti nyata komitmen pemerintah dalam meningkatkan potensi Desa Wisata Bantaragung.

Pencapaian prestasi Desa Bantaragung ini juga akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal dari dampak lonjakan jumlah kunjungan wisatawan serta akses jejaring desa wisata.

BACA JUGA : Disparbud Majalengka Gandeng Komunitas dan Warga Bersihkan Gua Jepang yang Penuh Coretan Vandalisme

Menariknya, masyarakat Desa Bantaragung telah mendapatkan pelatihan dan bimbingan mengenai pelayanan pariwisata yang baik, sehingga mereka dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Wabub menandaskan, bahwa keberhasilan Desa Wisata Bantaragung meraih Juara 2 kategori Digital dan Konten Kreatif dalam ADWI 2023 diharapkan menjadi inspirasi bagi desa-desa wisata lainnya yang ada di Kabupaten Majalengka untuk terus memajukan dan mempromosikan potensi wisata yang dimiliki. 

Sumber Berita : timesindonesia.co.id

TIC Disparbud

TIC Disparbud